powered by Coinlib

UMKM Masih Minim Melek Revolusi Industri 4.0


Menghadapi era revolusi industri 4.0 di Indonesia. Menurut data riset baru hanya 5% UMKM di Indonesia yang go digital dan tentunya harus ditingkatkan untuk menghadapi era tersebut.

Saat ini UMKM di Indonesia mampu menyerap 96% tenaga kerja dan berkontribusi 60% PDB (produk domestik bruto). Namun untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0 yang berbasis teknologi, maka perlu ada pengembangan karena baru 5% yang go digital.

UMKM masih belum maksimal menggarap peluang digitalisasi. Hingga akhir 2018 baru 5% go digital, Indonesia perlu mencontoh beberapa negara maju di asia seperti Korea Selatan sangat berkembang UMKM-nya dengan persentase go digital mencapai 99,8% dan kebanyakan sudah melek teknologi.

Sementara itu menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebanyak 70% UMKM di Indonesia belum mendapatkan akses pembiayaan.

Cyronium sebagai platform teknologi UMKM mendukung pengembangan UMKM untuk go digital melalui program scale up, edukasi dan mentoring kepada UMKM agar UMKM di Indonesian segera naik kelas dan go digital sehingga produknya dapat bersaing di pasar mancanegara.

- Cyronium -

Post a Comment

0 Comments